Jumat, 17 Desember 2010

Tugas Manajemen Umum Formatif 10

Nama : Panggih Kalanika Krisna
NPM : 35110309
Kelas :1DB20


Soal :
  1. Apa yang dimaksud dengan motivasi ?
  2. Gambarkan framework (kerangka kerja ) dari motivasi ?
  3. Gambarkan teori hirarki kebutuhan dari Maslow ?
  4. Jelaskan teori dua faktor dalam motivasi dari Herzberg ?
  5. Jelaskan teori ekpektasi sebagai model dari motivasi ?
 Jawab
  1. Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan atau sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak.
  2. Seseorang yang putus asa > Diberi masukan – masukan positif agar terus maju > Apabila motivasinya tepat sasaran maka orang tersebut akan terus berjuang. 
  3. Teori hierarkhi kebutuhan Maslow menyiratkan manusia bekerja dimotivasi oleh kebutuhan yang sesuai dengan waktu, keadaan serta pengalamannya. Tenaga kerja termotivasi oleh kebutuhan yang belum terpenuhi dimana tingkat kebutuhan yang lebih tinggi muncul setelah tingkatan sebelumnya. Adapun hirarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :
-  Kebutuhan fisiologis/ dasar
- Kebutuhan akan rasa aman dan tentram
- Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
- Kebutuhan untuk dihargai
- Kebutuhan untuk aktualisasi diri

 4.   Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan, yang termasuk didalamnya adalah achievement, pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dsb (faktor intrinsik).

5. Bahwa orang memilih bagaimana bertindak dari berbagai alternatif tingkahlaku,berdasarkan harapannya apakah ada keuntungan yang diperoleh dari tiap tingkah laku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar